Bantimurung , objek wisata dunia "kupu-kupu"

                  
       Berbicara mengenai objek wisata yang ada di Sulawesi Selatan memang banyak.  salah satunya adalah Bantimurung. Batimurung objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan yang paling banyak dikunjungi baik Domestik maupun Mancanegara. Dari pusat Kota Maros, bantimurung sudah dapat dijangkau dengan waktu lebih kurang 20 menit, kalau daru jantung kota Makassar jaraknya kurang lebih 27 kilometer.

             Bantimurung memiliki kekayaan alam yang berlimpah, mulai dari hijaunya pegunungan, kupu-kupu yang beranekaragam, air terjun,  maupun gua gua. Masyarakat di sana (Maros) rata-rata dari suku Bugis, ini terlihat dari rumah panggung yang bernuansa bugis dan msyarakat di sana dikenal ramah.
           

  ketika memasuki kawasan Bantimurung kita akan disambut gapura besar dengan kupu-kupu raksasa di ikuti dengan patung kera berukuran jumbo. ini merupakan gambaran bahwa rempat wisata ini pernah menjadi habitat  asli kupu-kupu dan kera.
                
   di kawasan ini terdapat objek wisata yang indah dan tentu menarik pastinya :

I. kawasan air terjun.
  Air terjun Bantimurung merupakan Tempat yang sangat favorit bagi masyarakat yang datang berkunjung. Bagi sebagian orang, Air terjun dapat dijadikan alternatif buat relaksasi. di sisi sebelah kiri air terjun terbapat temapt duduk permanen sebagai pembatas antara jalan dengan sungai. Di sebelah kanan terdapat tempat yang luas untuk di jadikan sebagai tempat kumpul keluarga dengan menggelar tikar sambil melihat pemandangan . Di tempat ini pihak pengelolah sudah menyediakan ban sebagai salah satu alat sebagai untuk beranang, atau bisa juga sebagai alat peluncur mengikuti arus aur yang cukup bergelombang karna terdapat bebatuan, walaupun cukup ekstrim namun pengunjung tetap berani meluncur di antara bebatuan yang cukup besar.

2. kawasan goa
  . Selain menikmati air terjun, pengunjung juga bisa menikmati kawasan goa yang terdapat di sana, yaitu goa batu dengan goa mimpi. Goa Mimpi merupakan salah satu tempat yang digemari. Di dalam goa terdapat stalaktit (relief batu yang terbentuk dari tetesan air dan menggantung di atas langit-langit goa) indah dengan kumpulan kristal. Bening dan mampu memantulkan cahaya. Di sekelilingnya diterangi lampu sehingga memperindah suasana dalam goa. 

                Inilah yang membuatnya disebut goa mimpi karena ketika berada di dalamnya, kita seakan-akan berada dalam mimpi. Untuk menuju Goa Batu dibutuhkan stamina yang prima meskipun pengelola sudah membuatkan anak tangga setinggi 10 meter. Perjalanannya cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Namun setelah tiba, segala kelelahan segera terbayar dengan pemandangan indah serta air terjun kecil yang begitu asri. Belum lagi keindahan di dalam goa dengan stalaktit dan stalagmite sepanjang lorong 30 meter.
 
3.  kingdom of butterfly (Surga bagi kupu-kupu)

              Alfred Russel Wallace memberikan istilah bantimurung sebagai The Kingdom of Butterfly. Sebab di kawasan objek wisata terbaik di sulawesi selatan ini terdapat beragam jenis kupu-kupu langka, antara lain family Saturnidae, Nocturnidae, Spingidae dan Nyphalidae kurang lebih ada 130 jenis kupu-kupu . selain sebagai tempat rekreasi tempat ini pula dapat dijadikan sarana belajar dan penelitian bagi siswa maupun mahasiswa biologi seperti saya karena juga telah disediakan museum kupu-kupu .

            Kupu-Kupu Chiri khas Dan Cindera mata Bantimurung Belum lengkap jika jalan-jalan ke objek wisata bantimurung jika tidak membawa oleh-oleh kupu-kupu. Kupu-kupu asal bantimurung merupakan cindera mata yang selalu dibawa oleh para pengunjung. Dengan biaya 20-50 ribu seorang pengunjung bisa mendapatkan 1 awetan kupu-kupu. 

                 Di Bantimurung Kupu-kupu di eksplorasi menjadi hiasan dan pajangan dinding dirumah. Sangat banyak kupu-kupu yang diperjualbelikan setiap hari. Tetapi jangan takut bagi anda pecinta lingkungan, kupu-kupu di bantimurung tetap terjaga dari kepunahan. Pemerintah kabupaten maros telah membuat penangkaran khusus untuk pengembangan hewan kupu-kupu. Tidak salah kalau Bantimurung objek wisata terbaik di sulawesi selatan , Ada air terjun, ada gowa mimpi dan gowa batu, ada kupu-kupu. Bantimurung objek wisata terbaik di sulawesi selatan akan selalu terjaga keindahannya



      (di lansir dari beberapa sumber :) :))
Previous
Next Post »

silahkan berkomentar :
* Gunakan bahasa yang baik dan benar
* dilarang keras menyinggung Suku Agama, Ras dan Antar golongan
* Tidak untuk spam, link aktif, dan iklan produk
* berkomentar relevan dengan artikel yang di bahas
* komentar di moderasi penuh oleh admin
EmoticonEmoticon