Hal-hal yang dapat membatalkan puasa

  Hal-hal yang membatalkan puasa.  Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Halo sahabat Cendekia. tidak terasa kita sudah mendekati bulan yang kita tunggu-tunggu, bulan di mana di dalamnya terdapat harta yang begitu mahal , yaitu Ampunan Allah, rahmat Allah, dan Hidayah (InsyaAllah).

Bulan suci Ramadhan, sudah mulai tecium baunya, getaran-getaran senyuman kaum muslimin sudah mulai nampak di bibir mereka. Marhaban Ramadhan.. Marhaban, Ahlan wasahlan..

sebagai mana mestinya,, di bulan suci ramadhan terdapat perintah yang menjadi rukun Islam yaitu shaum atau berpuasa. puasa adalah  suatu kegiatan dengan cara menahan , baik itu berupa makanan, minuman, bahkan pandangan kepada lawan jenis juga harus dihindari guna menjaga keabsahan puasa itu sendiri.

Nha, oleh karena itu , demi kelancaran puasa kita, alangkah baiknya kita mengatahui hal-hal yang membatalkan puasa :

  1. Makan dan minum dengan sengaja, Jika hanya di lakukan dengan sengaja, maka puasa tersebut bisa di lanjutkan alias sah.
  2. Jima". melakukan hubungan suami istri di siang hari, 
  3. Memasukkan sesuatu ke dalam perut, baik itu dengan cara memasukkan lewat mulut, ataupun melakukan suntikan yang bersifat mengeyangkan.
  4. merokok juga hal yang membatalkan puasa. walaupun itu tidak bersifat mengeyangakan.
  5. mengeluarkan onani di siang hari dengan sengaja, baik itu dengan cara onani , berciuman , atau hal lain dengan cara sengaja. adapun ketika mani keluar dengan tidak sengaja seperti mimpi basah dalam tidur, maka itu tidak membatalkan.
  6. sengaja memuntahkan sesuatu dalam mulut. 
  7. keluarnya haid dan nifas bagi wanita. baik pada  pagi hari sebelum terbenam matahari, maka puasa tersebut wajib di qadha.
  8. Murtad dari agama Islam (Naudushu billah). Semoga Allah menghindari kita dari perbuatan ini. kemurtadan itu dapat menghapuskan pahala kita ..


Dengan hal-hal yang dapat membatalkan puasa  secara garis besarnya. sebenarnya batalnya puasa begitu luas pencakupanya, sesuai dengan pandangan ulama-ulama dari segi mana ia melihatnya.

Mari kita sempurnakan ibadah mulia ini dengan lebih memperhatikan, mencermati setiap kegiatan kita tidak mencemari lautan pahala yang kita tempati berlayar.

Yuk Berpuasa.. dan buatlah dirimu bermakna..

Salam cendekia...

Marhaban Ya Ramadhan

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
mantau
AUTHOR
09:41 delete

makasih atas infonya mas, sangat bermanfaat, salam kenal :D

Reply
avatar

silahkan berkomentar :
* Gunakan bahasa yang baik dan benar
* dilarang keras menyinggung Suku Agama, Ras dan Antar golongan
* Tidak untuk spam, link aktif, dan iklan produk
* berkomentar relevan dengan artikel yang di bahas
* komentar di moderasi penuh oleh admin
EmoticonEmoticon