buras, makanan khas bugis sulawesi selatan - CENDEKIA ULUNG

Rabu, 11 Maret 2015

buras, makanan khas bugis sulawesi selatan

Nasi buras, makanan khas bugis sulawesi selatan. Buras, Penganan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Sulawesi Selatan, bahkan termasuk salah satu pangan khas masyarakat Sulawesi Selatan. Panganan ini dikenal juga dengan lapat, lontong bersantan atau buras (saingan dari ketupat). Bentuknya hampir mirip dengan lontong cuma agak pipih dan dimasak dengan cara tersendiri.

makanan khas bugis, tentang buras dan resepnya

Buras merupakan makanan yang harus ada bagi masyarakat Sulawesi Selatan terkhusus masyarakat Bugis di hari lebaran, buras biasanya disajikan dengan makanan atau masakan khas daerah lainnya.

Panganan ini terbuat dari beras yang dimasak terlebih dahulu dengan santan yang banyak hingga menjadi nasi lembek dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang. Biasanya dibuat menjadi dua bagian dalam ikatan satu ikatan (menggunakan tali rapiah atau daun pisang) kemudian direbus hingga matang. Panganan ini juga biasanya ditemui diluar provinsi Sulawesi Selatan seperti Gorontalo atau Kalimantan dan beberapa daerah lain di Indonesia. Mungkin ini dikarenakan banyaknya suku Bugis makassar yang merantau dan menetap di daerah-daerah tersebut sehingga panganan ini ikut menjadi bagian dari tradisi hari lebaran di daerah-daerah tersebut.

Selain untuk hidangan di hari lebaran, buras juga banyak dipilih sebagai makanan untuk bekal dalam perjalanan karena mampu bertahan 2x 24 jam bahkan lebih. Buras atau burasa bisa dikonsumsi dengan sambal kacang, telur ayam dan sebagainya, tergantung dari selera. yang paling enak bagi sipenulis, burasa dengan nasu palekko adalah dua perpaduan yang sungguh nikmat.

demikian pembahasan tentang Nasi buras, makanan khas bugis sulawesi selatan

dilansir dari berbagai sumber.

Share with your friends

4 komentar

  1. mantap ni ulasanya gan (Y),,,Don't Worry,semangat truz ngeblognya sob.

    BalasHapus
  2. @Kevin Akbarhehehe... jadi ke inget kampung halaman,, makasi udah mampir.. :-)

    BalasHapus
  3. berharap kedepannya BURAS bisa Go Internasional...
    kyak Agnes Monica,,
    hehehe..

    BalasHapus
  4. @garra dimsheheheh,, yupz doakan saja bro.. Klau bisa itu menjadi makanan wajib setiap hari jumat... :) :P

    BalasHapus

Komentar Kami Moderasi Penuh