Danau Tempe nan Eksotis




Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

halo semua sahabat CENDEKIA... kali ini Ane mau bahas mengenai salah satu danau di daerah asalku KABUPATEN WAJO, SULAWESI SELATAN. Danau ini dinamakan Danau Tempe yang terletak di sebelah barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Danau ini luasnya kira-kira  I3.000 Hektare dan memiliki berbagai macam jenis ikan tawar yang jarang di temui di tempat lain, hal ini di karenakan danau ini terletak di lempengan benua Australia dan Asia.

Danau ini mendapat pasokan air dari sungan Bila dan anak sungai dari Bulu Cenrana.kita bisa jangkau danau ini menggunakan perahu bermotor dengan kapasitas 6 orang.






di danau ini kita bisa lihat rumah- rumah terapung dengan dinding yang terbuat dari  bambu.. Di danau ini anda bisa menyaksikan berbagai festival atau orang bugis menybutnya sebagai Maccera'  Tappareng yang di adakan setiap tanggal 23 oktober, seperti mambala' lopi (lomba perahu tradisional), padendang (tabung lesung), berbagai permainan rakyat. dan pegelaran festival lainya. Hal ini di maksudkan agar nuansa kekeluargaan antara nelayan (masyarakat bugis padaumumnya) tetap terjaga dengan prinsip yang dikenal dengan 3-S : SIPAKATAU, SIPAKAINGE' SIPAKALEBBI.. (saling menyegani, saling menasehati, saling menghargai).

Dengan di adakannya festival ini pengunjung dapat lebih tau kebudayaan masyarakat Bugis, di kabupaten wajo, sulawesi selatan.

jika anda punya waktu, berkunjunglah... sehingga ada yang bisa di ceritakan......

referensi penulis :

http://www.wajokab.go.id/


Previous
Next Post »

silahkan berkomentar :
* Gunakan bahasa yang baik dan benar
* dilarang keras menyinggung Suku Agama, Ras dan Antar golongan
* Tidak untuk spam, link aktif, dan iklan produk
* berkomentar relevan dengan artikel yang di bahas
* komentar di moderasi penuh oleh admin
EmoticonEmoticon