Kamis, 17 Januari 2013

Teori Etis>> Tujuan hukum


Menurut teori etis hukum semata-mata bertujuan keadilan. Isi hukum ditentukan oleh keyakinan kita yang etis tentang adil dan yang tidak. Dengan perkataan lain hukum memuat teori ini bertujuan merealisir atau mewujudkan keadilan.

     Apa keadilan itu ???

Keadilan menurut N.E Algar dalam Harun Utuh (I998), menyatakan bahwa keadilan adalah persoalan kita semua, dan dalam suatu  masyarakat setiap anggota berkewajiban untuk melaksanakan keadilan itu.

 Pertanyaan mengenai apa keadilan itu menurut Sudikni Mertukusumo (I996) meliputi dua hal, yaitu yang menyangkut hakekat keadilan dan yang menyangkut isi atau norma untuk berbuat secara konkret dalam keadaan tertentu. Hakekat keadilan adalah penilaian terhadap suatu perlakuan atau tindakan dengan mengkajinya dari suatu norma menurut pandangan subjektif (subjektif untuk kepentingan kelompoknya, golongan dan sebagainya) melebihi norma-norma lain.

Aristoteles membedakan adanya dua macam keadilan, yaitu keadilan distributif (justitia distributiva) dan keadilan kommutatif (justittia commutativa). Keadilan distributif menuntut, bahwa setiap orang mendapat apa yang menjadi hak atau jatahnya, sedangkan keadilan komutatif memberi kepada setiap orang sama banyaknya (sama rata = kesamaan)

di dalam perjalanan sejarah isi keadilan itu ditentukan secara historis dan selalu berubah menurut tempat dan waktu, maka tidak mudah menentukan isi keadilan..

salah satu pakar hukum penetang teori ini, antara lain Sudikmo Mertukusumo (I996) menyatakan bahwa :"kalau dikatakan bahwa hukum itu bertujuan mewujudkan keadilan, itu berarti bahwa hukum identik atau tumbuh dengan keadilan, hukum tidaklah identik dengan keadilan, "



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Sepata Kata Admin :

I. Silahkan sobat berkomentar dengan bahasa yang sopan, benar dan tidak mengandung unsur-unsur perkataan yang menimbulkan akibat hukum

II. Jika sobat ingin memhubungi Admin Blog Cendekia bisa melalui email kami : rahmanfh@rocketmail.com ||

III. silahkan sobat copy/paste artikel-artikel kami untuk menambah file-file di komputer anda, dan jika ingin copy/paste di website lain sekiranya menyertakan link kami.

IV. terima kasih atas kunjungan sobat.. silahkan share jika artikel kami bermanfaat bagi anda..

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Statistik

W3 Directory - the World Wide Web Directory Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo AllNewsSite Link Exchange blogger widgets Free Backlinks

Total Tayangan Laman

Copyright © 2012. CENDEKIA ULUNG - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz