beberapa manfaat Buah Apel bagi kesehatan

         Buah Apel yang memiliki cita rasa yang khas,, ternyata mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Buah yang bisa di buat berbagai olahan ini, sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para ahli mengenai manfaat yang di milikinya. Ada pepatah mengakatan An apple a day can keep doctor away. ini menunjukkan bahwa betapa buah ini sangat baik bagi tubuh kita. Buah Apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Apel berasal dari Asia Tengah.
         
       Dalam perkembangannya, Buah Apel sudah banyak di daerah yang suhu udaranya lebih dingin. Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Terkadang, Buah Apel juga dimasak untuk membuat saus apel. Selain itu Buah Apel juga bisa dibuat menjadi minuman sari buah apel.

nah, sekarang kita bahas manfaat buah apel bagi tubuh kita,, baca selengkapnya :

 Sumber energi 

           Apel berukuran sedang memiliki kandungan 4 gram serat dan 95 kalori sehingga apel sangat cocok menjadi snack yang manis dan mengenyangkan. Dengan mengkonsumsi sebutir buah apel anda sudah memenuhi kuota konsumsi buah yang harus dikonsumsi setiap hari. Apel memiliki 14 persen kandungan vitamin C . Ini bisa menjadi sumber vitamin C yang bermanfaat untuk sistem imun tubuh kita.


 Menurunkan berat badan

           Jika anda merasa risih dengan berat badan anda dan ingin menurunkannya ganti camilan yang biasa anda konsumsi dengan potongan buah apel. Riset menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel kering setiap hari selama satu tahun memiliki berat badan serta kadar kolesterol yang lebih rendah. Menurut ilmuwan dari Florida state university mengemukakan bahwa antioksidan yang terkandung dalam apel serta pektin memiliki peran penting dalam efek melangsingkan yang dimiliki oleh buah apel

menyehatkan jantung
 
             Hasil riset dari Iowa Women’s health Study mengungkapkan bahwa apel mampu mengurangi resiko penyakit jantung koroner serta penyakit kardiovaskular.  penelitian lain juga menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi apel juga mampu menurunkan resiko terserang stroke. Hal ini karena kandungan antioksidan yang terdapat pada buah apel mampu mencegah kolesterol jahat terksidasi dan menyebabkan imflamasi.

 Meningkatkan stamina olahraga

                Mengkonsumsi sebutir apel sebelum melakukan olahraga mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Apel memiliki kandungan antioksidan yang disebut quercetin. Quercetin bekerja dengan meningkatkan jumlah oksigen yang diserap oleh paru-paru kita sehingga mampu meningkatkan stamina tubuh.

 Mencegah Sindom Metabolik

              Dibanding mereka yang jarang mengkonsumsi buah apel, mereka yang rutin mengkonsumsi buah apel lebih jarang terkena sindrom metabolik. Sehingga memiliki resiko penyakit jantung dan diabetes yang lebih rendah.

 Menjauhkan resiko asma.
 
          Buah apel yang dikonsumsi oleh ibu hamil, ternyata membantu pertumbuhan paru-paru bayi sempurna. Ini menurunkan resiko terjadinya penyakit asma pada sang bayi. Pada paru-paru orang dewasa pun apel melindungi dari resiko kanker paru dengan menguatkan organ pernafasan tersebut.

 Menurunkan kolesterol

           Zat pektin dan polifenol dalam apel terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Terutama polifenol yang terdapat dalam kulit apel, 2 sampai 6 kali lebih banyak dibanding dagingnya.

  Menigkatkan Daya Ingat

       Produksi asetilkolin meningkat dengan konsumsi apel. Itu adalah zat kimia yang berfungsi menghubungkan sel syaraf otak, sehingga menurunkan resiko Alzheimer, dan membuat kondisi otak sehat. Dengan itu, Anda bisa tetap pintar dan terhindar dari kepikunan.

 Mencegah kanker

       Kanker mulut, kanker paru, usus besar, payudara, dll dapat diminimalisasi kemungkinan munculnya dengan mengkonsumsi apel. Ini karena antioksidan tinggi yang dikandungnya.

 Menjaga kadar gula darah stabil

               Buah apel memiliki kandungan serat tinggi, hingga mencapai 20% dari kebutuhan harian jika Anda mengkonsumsi 1 buah. Struktur daging buah yang keras membuat Anda harus mengunyahnya dengan telaten dan perlahan serta agak lama. Ini membuat otak memberi sinyal kenyang pada pencernaan, dan mengurangi nafsu makan. Selain itu serat yang tinggi pada apel membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu kadar gula darah dapat dijaga agar stabil, sehingga Anda bisa dari Gejala Diabetes.



demikian lahh yang sempat saya sampaikan,, wabillahi Taufik walhidayah 
 assalamu alaikum WR.WB................ 

(hehehehehe)  

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar :
* Gunakan bahasa yang baik dan benar
* dilarang keras menyinggung Suku Agama, Ras dan Antar golongan
* Tidak untuk spam, link aktif, dan iklan produk
* berkomentar relevan dengan artikel yang di bahas
* komentar di moderasi penuh oleh admin
EmoticonEmoticon