beberapa manfaat Buah Apel bagi kesehatan - CENDEKIA ULUNG

Jumat, 18 Januari 2013

beberapa manfaat Buah Apel bagi kesehatan


Buah Apel yang memiliki cita rasa yang khas, ternyata mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Buah yang bisa di buat berbagai olahan ini sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para ahli mengenai manfaat yang di milikinya. 
Buah apel dan manfaatnya 
Ada pepatah mengakatan An apple a day can keep doctor away. ini menunjukkan bahwa betapa buah ini sangat baik bagi tubuh kita. Buah Apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. 

Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Apel berasal dari Asia Tengah.

Dalam perkembangannya, Buah Apel sudah banyak di daerah yang suhu udaranya lebih dingin. Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. 

Terkadang, Buah Apel juga dimasak untuk membuat saus apel. Selain itu Buah Apel juga bisa dibuat menjadi minuman sari buah apel.

Nah, sekarang kita bahas manfaat buah apel bagi tubuh kita,, baca selengkapnya :

 Sumber energi 

Apel berukuran sedang memiliki kandungan 4 gram serat dan 95 kalori sehingga apel sangat cocok menjadi snack yang manis dan mengenyangkan. Dengan mengkonsumsi sebutir buah apel anda sudah memenuhi kuota konsumsi buah yang harus dikonsumsi setiap hari. 

Apel memiliki 14 persen kandungan vitamin C . Ini bisa menjadi sumber vitamin C yang bermanfaat untuk sistem imun tubuh kita.

Menurunkan berat badan

Jika anda merasa risih dengan berat badan anda dan ingin menurunkannya ganti camilan yang biasa anda konsumsi dengan potongan buah apel. Riset menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel kering setiap hari selama satu tahun memiliki berat badan serta kadar kolesterol yang lebih rendah. 

Menurut ilmuwan dari Florida state university mengemukakan bahwa antioksidan yang terkandung dalam apel serta pektin memiliki peran penting dalam efek melangsingkan yang dimiliki oleh buah apel.

menyehatkan jantung

Hasil riset dari Iowa Women’s health Study mengungkapkan bahwa apel mampu mengurangi resiko penyakit jantung koroner serta penyakit kardiovaskular.  Penelitian lain juga menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi apel juga mampu menurunkan resiko terserang stroke. 

Hal ini karena kandungan antioksidan yang terdapat pada buah apel mampu mencegah kolesterol jahat terksidasi dan menyebabkan imflamasi.

Meningkatkan stamina olahraga

Mengkonsumsi sebutir apel sebelum melakukan olahraga mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Apel memiliki kandungan antioksidan yang disebut quercetin. Quercetin bekerja dengan meningkatkan jumlah oksigen yang diserap oleh paru-paru kita sehingga mampu meningkatkan stamina tubuh.

 Menjauhkan resiko asma.
 
Buah apel yang dikonsumsi oleh ibu hamil, ternyata membantu pertumbuhan paru-paru bayi sempurna. Ini menurunkan resiko terjadinya penyakit asma pada sang bayi. Pada paru-paru orang dewasa pun apel melindungi dari resiko kanker paru dengan menguatkan organ pernafasan tersebut.

Menurunkan kolesterol

Zat pektin dan polifenol dalam apel terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Terutama polifenol yang terdapat dalam kulit apel, 2 sampai 6 kali lebih banyak dibanding dagingnya.

Menigkatkan Daya Ingat

Produksi asetilkolin meningkat dengan konsumsi apel. Itu adalah zat kimia yang berfungsi menghubungkan sel syaraf otak, sehingga menurunkan resiko Alzheimer, dan membuat kondisi otak sehat. Dengan itu, Anda bisa tetap pintar dan terhindar dari kepikunan. 

Kanker mulut, kanker paru, usus besar, payudara, dll dapat diminimalisasi kemungkinan munculnya dengan mengkonsumsi apel. Ini karena antioksidan tinggi yang dikandungnya. Buah apel memiliki kandungan serat tinggi, hingga mencapai 20% dari kebutuhan harian jika Anda mengkonsumsi 1 buah. 

Struktur daging buah yang keras membuat Anda harus mengunyahnya dengan telaten dan perlahan serta agak lama. Ini membuat otak memberi sinyal kenyang pada pencernaan, dan mengurangi nafsu makan. Selain itu serat yang tinggi pada apel membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

Dengan begitu kadar gula darah dapat dijaga agar stabil, sehingga Anda bisa dari Gejala Diabetes.

Share with your friends

Komentar Kami Moderasi Penuh