jenis golongan manusia yang mendapat pertolongan di akhirat



 Semoga kita di antara salah satu golongan yang dimaksud yang mendapat naungan Sang Pecipta di hari kiamat. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda : "tujuh golongan umatku yangkana mendapatkan naungan dari Allah Azza Wajallah, di mana tidak ada lagi nanungan selain naungan- Nya pada hari kiamat nanti"

 Berikut golongan-golongan yang dimaksud Rasulullah shallallahu Alaihi wassalam :

I. Imam (pemimpin) yang adil.

2. Pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah, di saat nafsunya bergejolak.

3. Hamba yang hatinya selalu terpaut pada Mesjid,  senang berjamaah dan beraktivitas memakmurkan mesjid
4. Dua orang yang saling mencintai karna Allah, berkumpul, berjumpa, dan bersahabat karena Allah dan berpisah karena Allah.


5. Seorang hamba lelaki yang dirayu oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan dan kecantikan tetapi ia menolak seraya berkata "Aku takut kepada Allah"



6. Hamba yang bersedekah sehingga tangan kirinya tidak  mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya, ikhlas karena Allah


7. Hamba yang berzdikir dan berdoa kepada Allah dalam keheningan malam, dalam kesendiriannya, dalam ia muhasabah (intropeksi diri) lalu ia meneteskan air matanya. Tangisan karena takut dan cinta kepada Allah Ta; ala"





5. Seorang hamba lelaki yang dirayu oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan dan kecantikan tetapi ia menolaknya seraya berkata 'Aku takut kepada Allah'.

6. Hamba yang bersedekah sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanannya, ikhlas karena Allah.
7. Hamba yang berdzikir dan berdoa kepada Allah dalam keheningan malam, dalam kesendiriannya, dalam muhasabah dirinya lalu ia menitikkan air matanya. Tangisan karena takut dan cinta kepada Allah Ta’ala." (HR. Bukhari Muslim)



   Didalam penyebutan Hadis Rasulullah ini tidaklah menunjukkan pembatasan golongan. Karena di hadis lain ada golongan juga yang mendapat naungan selain dari 7 golongan di atas. Diantaranya adalah orang yang memberikan kolonggaran dalam penagihan utang.


Dari Jabir Radhiallahu anhu' " Nabi Shallallahu Alaihi wasallam bersabda :

   "Barangsiapa yang memberikan kelonggaran kepada orang yang berutang atau menggugurka utangnya, maka Allah akan menaunginya di bawah naungan-Nya." (HR. MUSLIM)



Ya Allah... masukkanlah kami kedalam golongan hamba-hambaMu yang kau naungi kelak.. Amin ya Rabbal alamin..



Previous
Next Post »

silahkan berkomentar :
* Gunakan bahasa yang baik dan benar
* dilarang keras menyinggung Suku Agama, Ras dan Antar golongan
* Tidak untuk spam, link aktif, dan iklan produk
* berkomentar relevan dengan artikel yang di bahas
* komentar di moderasi penuh oleh admin
EmoticonEmoticon