Selasa, 11 Maret 2014

Sejarah Hukum Pidana di Indonesia



Sejarah hukum Pidana di Indonesia-Hukum pidana yang berlaku sekarang ini ialah hukum yang tertulis dan yang telah dikodofikasikan (dibukukan)


  Peraturan-peraturan HukumPidana ini tersebar di mana-mana sebab tiap-tiap Badan Legislatif dan tiap-tiap oang yang diserahi tugas untuk menjalankanundang-undang (Presiden, Menteri, Kepala Daerah, Komandan Tentara, dan sebagainya )berhak membuat peraturan Pidana, yaitu peraturan-peraturan yang mengandung ancaman-ancaman hukuman berupa suatu penderitaan terhada sipelanggar.

        Tentu saja peraturan-peraturan pidana yang dibuat oleh Badan Legislatif dan Badan Eksekutif yang lebih rendah kedudukannya, tak boleh bertentangan dengan atau menyimpang dari peraturan-peraturan pidana dan Badan-badan Legislatif dan Kesekutif yang lebih tingi kedudukannya.

       Di atas telah diterangkan, bahwa peraturan-peraturan pidana ini tersebar di mana-mana. tetapi pada umumnya kalau kita membicarakan tentang Hukum Pidana, maka yang  dimaksukan ialah peraturan-peraturan pidana yang terkumpul dalam suatu kitab yaitu : Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang disingkat menjadi KUHP (Wetboek van strafrecht= WvS).
   
      harusnya diperhatikan benar-benar, bahwa semua peraturan-peraturan pidana dibukukan dalam Kitab Undang-undang Hukum  Pidana. Kitab Undang-undang Hukum Pidana itu merupakan induk dari peraturan-peraturan pidana. KUHP memuat peraturan-peraturan pidana yang berlaku terhadap segenap penduduk dari seluruh Indonesia, karena ia dibuat oleh Badan Legislatif yang tertinggi dan sesuai dengan asas unifikasi hukum.
       
    PENINJAUAN :
      
     KUHP ialah kitab peraturan pidana yang diapakai sehari-hari. Bagi kita cukuplah dengan mempelajari KUHP itu untuk sekedar mengetahui seluk beluknya Hukum Pidana kita. Sebelum kita mutlak meninjau isi KUHP, kita perlu terlebih dahulu mengetahui isinya......
 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Sepata Kata Admin :

I. Silahkan sobat berkomentar dengan bahasa yang sopan, benar dan tidak mengandung unsur-unsur perkataan yang menimbulkan akibat hukum

II. Jika sobat ingin memhubungi Admin Blog Cendekia bisa melalui email kami : rahmanfh@rocketmail.com || cendekiaulung@gmail.com

III. silahkan sobat copy/paste artikel-artikel kami untuk menambah file-file di komputer anda, dan jika ingin copy/paste di website lain sekiranya menyertakan link kami.

IV. terima kasih atas kunjungan sobat.. silahkan share jika artikel kami bermanfaat bagi anda..

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Statistik

W3 Directory - the World Wide Web Directory Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo AllNewsSite Link Exchange blogger widgets Free Backlinks

Total Tayangan Laman

Copyright © 2012. CENDEKIA ULUNG - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz